Padepokan Silat Beksi Slempang Betawi Al Gontory Membumikan Seni Bela Diri Betawi di Kalangan Santri

Tanah lapang yang ada di tengah pemukiman santri di dalam wilayah Pondok Pesantren Al Amanah Al Gontory, Sabtu malam (20/2) lalu, lebih ramai dari biasanya. Pasalnya, sekitar 200-an santri dan 100-an pesilat dari Perguruan Silat Beksi Slempang Betawi berkumpul menghadiri pembukaan Padepokan Silat Beksi Slempang Betawi Al Gontory.

Hadi Wijaya

Ketua Umum Hadi Wijaya, Ketua Dewan Guru Muslih, dan Dewan Penasihat Perguruan Silat Beksi Slempang Betawi Ujang Unan menyampaikan kepada Batavia News rasa haru bercampur senang melihat 200-an santri Ponpes Al Amanah Al Gontory yang siap menuntut ilmu silat Beksi dari Perguruan Silat Beksi Slempang Betawi. Mereka yakin Padepokan Silat Beksi Slempang Betawi Al Gontory akan berkembang pesat dan bisa terasa eksistensinya di masyarakat yang otomatis akan semakin mengangkat nama Slempang Betawi.

Sementara Ustad Syamsuddin yang mendapat amanat dari Pimpinan Ponpes untuk menggerakkan padepokan agar dapat berjalan baik sesuai dengan apa yang menjadi tujuan dan harapan dibentuknya Padepokan Silat Beksi Slempang Betawi Al Gontory menyatakan, latar belakang yang memotivasi pengurus Ponpes untuk memberikan eskul seni

Bang Muslih

bela diri Beksi kepada para santri yang pertama adalah dalam rangka menjalankan amanat dari ahli waqif Ponpes Al Amanah Al Gontory (alm) Bapak H. Najih.

Yang kedua, tambah Ustad Syamsuddin, pengurus Ponpes memang menginginkan ada eskul ilmu bela diri sebagai cabang olah raga yang bertujuan untuk meningkatkan kreativitas santri di samping sebagai ajang bela diri untuk kebutuhan santri di masa yang akan datang. “Pencak silat adalah satu budaya dalam kehidupan pesantren. Artinya, di setiap pesantren itu ada kegiatan seni bela diri silat,” ungkap Ustad Syamsuddin yang dalam kesehariannya di Ponpes memberikan pelajaran bahasa Arab.

Menurut Ustad Syamsuddin, tujuan terpenting dari kegiatan ini adalah menggali dan mengembangkan potensi santri. Ponpes hanya sebagai motivator dan juga fasilitator dalam mengembangkan dan mengarahkan potensi yang ada pada setiap santri. “Mempelajari Beksi jelas amat bermanfaat buat para santri. Karena apa yang mereka lihat, mereka rasakan, dan mereka lakukan adalah pendidikan yang akan kembali kepada mereka. Semakin besar keinsyafan mereka dalam menuntut ilmu semakin besar pula manfaat yang akan mereka dapatkan,” pungkasnya.

Jamiel

Iklan

4 Responses to Padepokan Silat Beksi Slempang Betawi Al Gontory Membumikan Seni Bela Diri Betawi di Kalangan Santri

  1. fahmi says:

    Ass.wr.wb. Salam Beksi untuk saudaraku, ane bahagia bisa kenal dgn silat Beksi Slempang Betawi. Jika ada waktu/acara mohon diundang kami dari Beksi Hasbullah Petukangan.

  2. eko says:

    mohon beritahu saya tempat padepokan silat betawi yg benar2 msh tradisional. sy mnt alamat lengkapnya…. thx (eko / 081210585567)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: