Pitung Organizer: Ingin Mengembangkan Budaya Betawi

H. Syaifudin

Berawal dari kumpulnya tokoh-tokoh yang sebelumnya aktif di Karang Taruna, Forkabi, dan organisasi lainnya yang memang kerap mengadakan kegiatan juga event-event yang sifatnya mengenalkan budaya Betawi, akhirnya salah satu tokoh masyarakat Betawi di Jagakarsa H. Syaifuddin A.Md mencoba untuk lebih mengarahkan ke arah yang lebih profesional. Maka dibentuklah sebuah event orgenizer (EO) dengan nama Pitung Organizer.

“Tujuan dari pembentukan EO ini adalah memberdayakan SDM dari rekan-rekan kita yang memang sudah memiliki pengetahuan dan pengalaman yang matang dalam menangani sebuah event. Dengan dibentuknya EO ini tentu rekan-rekan kita memiliki kesempatan untuk bisa bekerja secara maksimal dan profesional,” ungkap H. Syaifuddin.

Adapun nama Pitung Organizer dipilih agar bisa memberikan kesan bahwa Pitung Organizer ini adalah EO yang muatannya budaya Betawi. Meskipun dalam aktivitasnya selain menangani event sosial, olah raga, dan entartainment namun selalu dibalut muatan lokal budaya Betawi. Banyak event yang sudah diselenggarakan oleh Pitung Organizer. Salah satunya adalah acara ‘Semalam di Betawi’. Sebuah acara entertainment yang menampilkan kesenian-kesenian Betawi dan ternyata mendapat sambutan positif dari berbagai kalangan yang ada di wilayah Jagakarsa.

“Adanya EO Pitung Organizer ini yang paling utama adalah selain untuk melestarikan seni budaya Betawi juga bertujuan untuk bagaimana kita nantinya bisa mengembangan atau meramu kembali konsep-konsep budaya Betawi yang telah ada agar bisa kita sesuaikan dengan perkembangan atau kemajuan zaman,” terang H. Syaifuddin.

Kalau kita bicara masalah pelestarian budaya Betawi, tambahnya, itu sudah

ada konteks baku dari pemerintah dalam rangka melestarikannya. Tapi, pada kenyataannya, pelestariannya baru ada di hotel-hotel serta di media televisi, dan itu pun jarang sekali. Untuk di tingkat bawahnya sendiri belum dirasakan oleh masyarakat. “Sebenarnya Betawi ini seperti apa sih? Maka ketika hal itu kita lakukan di tengah-tengah masyarakat kita mereka baru ngeh budaya Betawi itu seperti apa,” terangnya.

Karena itu, tambah H. Syaifuddin, keberadaan EO Pitung Organizer selain bertujuan membantu upaya pemerintah dalam melestarikan budaya Betawi juga berupaya untuk memperkenalkan kembali budaya Betawi itu pada masyarakat. Kemudian di sisi lain, masih kata H. Syaifuddin, mengenai seniman-seniman Betawi yang masih ada sampai saat ini memang perlu sekali perhatian dari pihak pemerintah. “Saya berharap kedepannya selain budayanya dilestarikan, pemerintah juga dapat memperhatikan para seniman Betawi. Karena cikal bakalnya dari beliau-beliaulah budaya Betawi ini bisa lestari,” pungkasnya dengan penuh harap.

Diel eF Rais

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: