Masjid Luar Batang

Masjid Luar Batang

Lokasinya berada di Jalan Luar Batang I, Kampung Luar Batang, Jakarta Utara. Banyak orang Jawa yang tinggal disini, makanya dalam peta yang dibuat Van Der Parra tahun 1780 lokasi disebut Javasche Kwartier, namun setelah itu orang lebih mengenalnya Luar Batang. Usut punya usut, orang pada saat itu jika ke lokasi ini berarti ke luar kota dan harus melewati tanda batas dalam bentuk batang, tidak dijelaskan batang apa. Maka kemudian dikenalkan dengan sebutan Luar Batang hingga kini.

Keberadaan fungsi mesjid ini ada sejak tahun 1739. Awalnya sebagai musholla orang-orang Jawa. Mesjid ini jadi keramat karena ada makam Sayid Husein bin Abubakar bin Abidillah Al Aidrus yang wafat pada tanggal 24 Juni 1756. Mesjid ini sering didatangi peziarah dari berbagai pelosok tanah air.

Iklan

2 Responses to Masjid Luar Batang

  1. sulaiman says:

    Sayid Husein bin Abubakar bin Abidillah Al Aidrus dari masa hidupnya sudah berwasiat bahwa ia ingin dimakamkan di luar batang. Ketika dia wafat banyak orang yang mengabaikan wasiatnya, maka digotonglah keranda mayat (kurung batang) beramai-ramai, padahal mayatnya ada di tanah ditempat dia berwasiat. (mayatnya di luar kurung batang – terkenal luar batang). Lalu ada seorang jamaah yang teringat akan wasiatnya, lalu dikubur disitu yang lebih dikenal luar batang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: