Kaum Betawi Harus militan

Agus Yahya

Ada yang berpendapat menghimpun orang Betawi memang tidak mudah, menyatukannya juga sangat sulit. Dan hal tersulit adalah menyatukan dan menyamakan persepsi. Namun, pendapat itu ditepis oleh Tokoh Betawi asal Setia Budi, yang juga Ketua Dewan Kelurahan (Dekel) Setia Budi Agus Yahya. Menurutnya mempersatukan kaum Betawi untuk menjadi militan tidalah sulit. Yang penting cara atau kiatnya tepat. Tidak asal menghimpun dan menyatukannya. Untuk  mempersatukan kaum Betawi cara yang ditempuh harus dimulai dari perekrutan, pembinaan, pendidikan mental, serta pengetahuan tentang sejarah Betawi yang harus diberikan sejak dini. Semua itu harus diberikan dari tingkat Rt, RW, Kelurahan, dan seterusnya.

“Sekarang sudah banyak organisasi Betawi, di bawah naungan Bamus Betawi. Ormas-ormas inilah harus diberi bekal tentang pengetahuan sejarah Betawi. Sering kita dengar pengakuan ‘gue Orang Betawi asli’ sedangan pengetahuan tentang sejarah Betawi tidak tahu. Hal ini harus segera disikapi. Harus diperhatikan oleh seluruh tokoh-tokoh Betawi,” ujar Agus Yahya.

Saya beri contoh di Kecamatan Setia Budi, tambah Agus Yahya, telah dibentuk DPC Forkabi yang dinahkodai oleh Firmansyah. Sedang merekrut orang Betawi untuk bergabung dengan Forkabi. “Nantinya, anggota tersebut akan digodok dan diberi pengetahuan tentang sejarah Betawi. Kalau mereka sudah paham tentang sejarah dan budaya Betawi, secara otomatis kaum Betawi militansinya akan terbentuk,“ pungkas Agus Yahya penuh semangat.

Sunar AS

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: