DPD Forkabi Jakarta Pusat Terus Berupaya Mempertahankan Citra Positif Forkabi

Acara pelantikan pengurus DPD dan DPC Forkabi se-Jakarta Pusat yang bertepatan dengan peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW dan Ulang Tahun Jakarta ke 483, di Taman Gedung Proklamasi (10/7), dibanjiri ribuan anggota Forkabi se-Jabodetabek dengan pakaian seragam hitam putih. “Ada beberapa pembenahan yang saya lakukan sejak menjabat Ketua DPD Forkabi Jakarta Pusat. Salah satunya adalah penerapan sistem satu komando. Penerapan sistem itu ditujukan untuk membangun soliditas dalam tubuh organisasi di samping upaya untuk memfasilitasi segala aktifitas dan kegiatan organisasi agar berjalan sesuai koridor serta aturan yang ada,” ujar Ketua DPD Forkabi Jakarta Pusat H. Idup Suwardi.

Cikini, Batavia News

Ketua DPD Forkabi Jakarta Pusat H. Idup Suwardi lagi ngasih sambutan

Dalam moment yang cukup akbar yang digelar di tempat bersejarah itu hadir Ketua Umum Bamus Betawi sekaligus Ketua Dewan Penasehat DPP Forkabi Mayjen TNI (Purn) H. Nahrowi Ramli, Ketua Umum DPP Forkabi H. Husain Sani didamping Sekretaris Jendral DPP Forkabi H. Abd. Latief HM, Bendahara Umum H. Dzajuli, seluruh jajaran pengurus DPP Forkabi, Ketua DPD Forkabi se-Jabodetabek beserta jajarannya, Anggota DPRD DKI Jakarta dari komisi A Taufiqqurahman yang juga Ketua DPC Partai Demokrat Jakarta Pusat, PLH Walikota Jakarta Pusat H. Fatahillah, serta tokoh masyarakat baik dari etnis Betawi maupun dari etnis lain yang bersimpati dengan Forkabi yang selama ini dikenal santun dalam menjalankan roda organisasinya.
Dalam sambutannya Ketua DPD Forkabi Jakarta Pusat H. Idup Suwardi mengatakan, ada beberapa pembenahan yang dilakukan sejak dirinya menjabat Ketua DPD Forkabi Jakarta Pusat. Salah satunya adalah penerapan sistem satu komando. Penerapan sistem itu ditujukan untuk membangun soliditas dalam tubuh organisasi di samping upaya untuk memfasilitasi segala aktifitas dan kegiatan organisasi agar berjalan sesuai koridor serta aturan yang ada
“Jajaran Pengurus DPD Forkabi Jakarta Pusat yang saya pimpin ini dalam menjalankan roda organisasinya selalu berdasarkan dan berpatokan pada AD/ART. Dengan berpegang teguh pada landasan AD/ART, saya yakin roda organisasi mulai dari DPD, DPC, DPRt hingga Subran dapat berjalan secara terstruktur serta mampu melaksanakan fungsi dan tugasnya masing-masing dengan baik, hingga tidak terkesan tumpang tindih. Selain telah melaksankan Musyawarah Cabang (Muscab) di 6 wilayah, saat ini saya juga sedang mempersiapkan penyempurnaan KTA terbaru sebanyak 10 ribu KTA. Dengan tujuan memperbaiki sistem administrasi keanggotaan Forkabi khususnya di wilayah Jakarta Pusat,” terangnya.
Lebih lanjut tokoh Betawi yang dikenal low profile dan dekat dengan berbagai kalangan ini menambahkan, selaku Ketua DPD dirinya juga akan membawa Forkabi Jakarta Pusat untuk fokus dalam merealisasikan rencana dan program yang ada di samping terus berupaya mempertahankan citra positif Forkabi khususnya di wilayah Kota Administrasi Jakarta Pusat. Hal itu dilakukan dengan cara lebih melakukan pendekatan diri pada masyarakat untuk dapat saling bahu-membahu dalam memecahkan permasalahan sosial yang ada serta melaksankan peran nyata yang dapat memberikan suasana nyaman pada masyarakat.
“Saya sadar, membangun sesuatu yang baik tidaklah semudah membalik telapak tangan. Namun semangat, keyakinan, dan rasa percaya diri saya dan juga seluruh pengurus serta anggota Forkabi se-Jakarta Pusat akan membawa saya kepada perjuangan yang tidak pernah mengenal kata putus asa. Saya menghimbau kepada seluruh pengurus serta anggota Forkabi se-Jakarta Pusat untuk selalu menjaga dan mengembangkan soliditas yang telah terbangun dengan baik selama ini,” harapnya disambut tepuk tangan meriah seluruh pengurus serta anggota Forkabi yang hadir.

Bang H. Fatahillah, Bang H. Nahrowi, dan Bang H. Husain Sani

Karena soliditas, tambah H. Idup Suwardi, merupakan perekat yang kokoh dalam meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan di dalam tubuh Forkabi sehingga melahirkan keinginan untuk saling tolong-menolong dan bekerja keras menciptakan karya-karya nyata yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Betawi khususnya dan masyarakat luas pada umumnya.
Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Umum DPP Forkabi H. Husain Sani yang berharap agar Forkabi benar-benar solid dalam memperjuangkan cita-citanya dalam mengangkat harkat martabat masyarakat Betawi. “Saya juga menghimbau para pengurus Forkabi di seluruh wilayah, bahwa konsolidasi organisasi itu penting sekali. Saya bangga dengan apa yang telah disampaikan oleh Ketua DPD Forkabi Jakarta Pusat H. Idup Suwardi karena telah melakukan konsolidasi organisasi sampai tingkat DPRt. Itu sangat baik sekali. Saya kira hal itu bisa dijadikan contoh oleh para pengurus lainnya,” imbuhnya.
Dalam kesempatan itu Ketua Umum DPP Forkabi H. Husain Sani kembali menegaskan bahwa visi dan misi Forkabi untuk mengangkat harkat martabat kaum Betawi itulah yang memberikan semangat kepada seluruh pengurus serta anggota Forkabi untuk berjuang serta memperjuangkan bagaimana mensejahterakan, menciptakan lapangan usaha, dan menciptakan lapangan pekerjaan. “Karena realitas itu, soliditas menjadi hal yang penting agar kita mampu merealisasikan apa yang tengah kita perjuangkan sekarang ini,” katanya.
Sementara Ketua Umum Bamus Betawi sekaligus Ketua Dewan Penasehat DPP Forkabi Mayjen TNI (Purn) H. Nahrowi Ramli, dalam sambutannya menyatakan, Forkabi yang kita banggakan dan sampai sekarang masih tetap eksis merupakan kebanggaan bagi kita. Karenanya kaderisasi, reorganisasi, dan reposisi juga sangat diperlukan dalam tubuh Forkabi. “Yang dimaksud dengan reposisi, misalnya, apakah Forkabi memang harus selalu di depan, apa Forkabi memang sudah harus bergeser ke tengah, atau Forkabi harus berada di garis belakang. Reposisi ini kita baca situasinya dan akan kita bahas di Mubes nanti,” katanya.
Demikian juga restrukturisasi, tambah sang Jendral dari Betawi, kita harus baca lagi situasi internasional, situasi regional, situasi nasional, serta situasi lokal di DKI Jakarta. Baru bisa kita benahi organisasi kita, apakah yang ada sekarang ini sudah pas menjawab tantangan yang berubah-rubah atau belum. “Apalagi dengan perkembangan tekhnologi, apakah Forkabi tetap seperti ini ataukah Forkabi harus memiliki website yang canggih? Apakah di setiap kantor Forkabi juga harus mempunyai data yang lengkap? Itu semua harus bisa kita jawab,” ungkapmya.
Selaku Ketua Wanhat, selain merasa bangga dengan kepengurusan Forkabi yang baru dilantik, dirinya juga bersaran agar kiranya seminggu setelah pelantikan para pengurus yang baru dilantik membuat ujian masalah AD/ART. Apakah para pengurus hapal mengenai AD/ART Forkabi. “Dari sana kita tahu mana yang tahu aturan dan mana yang tidak tahu aturan. Setelah itu baru dipisahin yang tahu aturan sudah pinter yang belum tahu aturan kita didik dua hari supaya ngarti aturan. Kira-kira seperti itu,” katanya sambil tersenyum.
Di kantong kita semua harus ada AD/ART Forkabi yang kita pedomani, tambahnya, karena AD/ART boleh dibilang primbonnya ormas. Jangan sampai ada orang tanya, Forkabi asasnya apa sih, kita kagak tahu. Musti diajarin, ada UU Nomor 8 Tahun 1985 bahwa semua ormas yang ada di tanah air ini asasnya cuma satu, yaitu Pancasila. “Jadi, saya kepengen bahwa aturan hukum betul-betul kita kuasai. Sebab, dari aturan hukum itu banyak aturan-aturan yang menjadi pola kehidupan organisasi,” sambungnya.
Sang Jendral pun berharap pada seluruh pengurus Forkabi se-Jabodetabek agar jangan mencari sesuatu di Forkabi, justru kita harus berikan sesuatu pada Forkabi. Berikan keikhlasan sebagai landasan perjuangan kita dalam memajukan Forkabi. “Sampaikan pada anak istri kita bahwa kita di Forkabi ini demi kaum Betawi, bukan nyari kaya. Kalau sekarang ini memang belum terasa manfaat Forkabi untuk kita, insya Allah anak cucu kita nanti yang bakal merasakan manfaat dari adanya Forkabi,” pungkasnya.
PLH Walikota Jakarta Pusat H. Fatahillah berharap dalam kepengurusan yang baru saja dilantik, jajaran pengurus Forkabi se-Jakarta Pusat dapat melakukan konsolidasi dan evaluasi dalam rangka menjawab eksistensi Forkabi dalam merespon atau menyikapi tantangan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara yang akhir-akhir ini mengalami perubahan dalam berbagai hal.

“Forkabi merupakan salah satu organisasi masyarakat etnis Betawi yang mempunyai potensi yang sangat besar, khususnya di Jakarta Pusat, untuk itulah saya berharap selain sebagai forum wadah etnis Betawi, Forkabi juga harus dapat memposisikan dirinya sebagai organisasi kemasyarakatan yang profesional dan dapat menghasilkan program kerja yang mantap dan berkesinambungan,” paparnya.
Acara yang berjalan santai namun ceria lantaran dilandasi rasa persaudaraan yang kuat di antara sesama pengurus dan anggota Forkabi se-Jabodetabek itu ditutup dengan do’a. Setelah itu para hadirin pun disuguhkan tontonan lenong sebagai salah satu budaya Betawi yang harus terus dilestarikan dan dikembangkan.
Selamat berjuang dan selamat menjalankan prorgam yang ada untuk para pengurus Forkabi yang baru dilantik. Forkabi maju Betawi jaya.

Fadilah Fahmi

Iklan

2 Responses to DPD Forkabi Jakarta Pusat Terus Berupaya Mempertahankan Citra Positif Forkabi

  1. Ping-balik: Batavia News

  2. berdasarkan survey di lapangan 7 kelurahan di kec. kemayoran jakpus, banyak sekali anggota forkabi
    baik yang lama atau pun yang akan baru masuk yang belum punya kartu keanggotaan (KTA) hal ini
    dapat membuat bingung nyang mane yang anggota mana yang abal-abal, dasarnya pelantikan ketua
    FORKABI DPD Jakpus beberapa waktu lalu menyatakan KTA lama sudah tidak berlaku, ane merasa
    berkewajiban untuk menyampaikan pesan dari arus bawah agar segera di turunkan KTA nyang baru
    sehingga masalah kaderisasi dan keanggotaan forkabi menjadi lebih struktur, terima kasih
    HIDUP FORKABI !!!!! lesmana supriyan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: